Cara "Menggunakan" Google

assalammu alaikum sahabat semua, kembali lagi bersama ane di like-bug, setelah hampir 2 tahun ane nggak posting apapun di blog ini, hari ini ane mau posting sesuatu. oke langsung saja kita masuk intro
google adalah search engine paling populer didunia, kepopuleran google sebagai search engine bahkan di jadikan jargon oleh anak2 muda jaman sekarang yaitu : "tanya mbah google aja", memang google itu super pintar. banyak orang hebat didunia maya yang berguru ke mbah google, mbah google memang guru yang hebat, selain pintar dia juga nggak pernah sombong. tapi kadang banyak orang yang tidak bisa memaksimalkan google, sehingga pencarian mereka sering tidak mengenai objek yang sedang mereka cari, nah disini lah ane mau memberikan sedikit trik, bagaimana memaksimalkan google. mau tahu lebih lanjut, cek this out !

pertama yang harus dipahami dalam advenced search adalah penggunaan key ini : inurl, intext, intitle, site

inurl adalah url yang terkandung didalam web, sebagai contoh inurl:"news.php", berarti google akan menampilkan website yang mempunyai url news.php, atau contoh inurl:"/berita/" berarti google akan menampilkan website yang mempunyai url /berita/.

intext adalah text yang terkandung didalam web, sebagai contoh intext:"barcelona juara", maka google akan menampilkan website yang mempunyai text "barcelona juara"

intitle adalah title yang terkandung di website atau diatas search engine, sebagai contoh intitle:"pengertian peribahasa"

site adalah situs yang hendak dicari, tapi bisa juga domain atau sub domain, sebagai contoh :
mencari website site:kaskus.co.id
mencari berdasarkan domain site:.co.id

penggabungan dari semua itu dinamakan dork, begini contoh penggabungannya
intitle:"ngakak" intext:"mantab" inurl:"thread" site:kaskus.co.id
artinya kita mencari di "kaskus.co.id", yang dicari adalah thread karena pada thread terdapat url "thread", kita mencari thread dengan judul ada kalimat "ngakak", karena judul biasanya terdapat juga pada title browser, kemudian page tersebut ada tulisan "mantab", entah itu isi thread ataupun komentar.

contoh lain :

mencari deep web

kata orang deep web itu adalah web site yang gelap dan tidak bisa dicari digoogle, tapi saya akan membantah pernyataan itu, oke sekarang ikuti langkah2 saya.
- pertama buka google
- ketik keyword ini (tanpa tanda petik) "site:.onion.to"
hasil :
- untuk mencari hiden wiki ketik keyword ini (tanpa tanda petik) "hidden wiki site:.onion.to"
- kita dapat mencari banyak hal di deepweb menggunakan google
catatan penting : walaupun mencari deep web dapat dilakukan dengan google tetapi mengaksesnya tetap harus menggunakan tor browser

mencari judul lagu

seringkali kita mendengar lagu dijalan atau diterminal atau dibandara, lagunya bagus tetapi tidak tahu judulnya, oke sekarang saya ingin memberitahu cara mencarinya.
- dengarkan lagu tersebut, hafalkan sebanyak mungkin liriknya, atau tulislah di note
- buka google ketikan ' intitle:"lirik lagu" lirik lagunya ', contoh ' intitle:"lirik lagu" aku cinta kepadamu tak terbatas waktu tak kan ada '

 memilih resolusi foto sesuai keinginan

saat kita mencari foto di google image, kadang kita kecewa dengan foto bagus tetapi kualitas atau resolusinya jelek, sekarang ane mau kasih cara untuk memilih resolusi pada foto yang sama.
- pertama search foto, contoh foto ' logo bbva '
 - pilih gambar, dan klik resolusinya (lihat tulisan 256x256, dan klik)
-  hasilnya akan seperti ini


mencari identitas gambar

kadang kita melihat gambar tetapi kita tidak tahu namanya, gambar pohon, karakter anime, episode anime, artis, atau yang lain. sekarang saya akan memberi tahu cara mencari tahu identitas gambar tersebut. 
cari fotonya boleh didownload, boleh juga nggak usah didownload
sebagai contoh ini foto yang saya temukan di facebook, komik naruto tapi tidak tahu chapternya
view image, dan copy linknya, ini contohnya : https://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/v/t1.0-9/11018831_861783100526489_3209778962364578491_n.jpg?oh=d8ad0bffa1137250e1c02333ea9140d6&oe=57A8DAE4
kemudian menuju google image, klik icon foto seperti gambar dibawah ini
- kemudian masukan urlnya atau bisa upload foto
- ini dia hasilnya

oke sekian post ane kali ini, maaf untuk kurang lebihnya, selebihnya saya akan post lain waktu, karena sekarang badan ane lagi nggak enak. hehe.
oke salam like-bug
wasalamualaikum

2 comments:

 
Copyright © . free everyday - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger